Apa Itu Klithih Dan Tips Wisata Aman

diydaruratklithih

Beberapa hari terakhir ini, tagar #DIYDaruratKlithih sering muncul di berbagai media sosial terutama Twitter yang sempat menjadi trending. Hal ini disebabkan aksi tindakan brutal yang menjurus ke arah kriminal dengan sasaran acak di jalanan seputar Daerah Istimewa Yogyakarta. Bahkan tidak jarang aksi kejahatan ini menimbulkan korban luka hingga meninggal dunia.

DIY yang terkenal dengan potensi wisatanya mulai dari ujung utara sampai selatan, dikuatirkan akan terkena imbas dari aksi yang sering disebut dengan klithih ini. Hal ini berkaitan dengan faktor keamanan dan kenyamanan wisatawan yang sedang dan akan berkunjung ke Yogya.
Tapi, sebenarnya apa yang dimaksud dengan klithih itu sendiri?
 Menurut Ketua LMC (Langsir Mania Community), yaitu komunitas pengusaha rental mobil, driver dan wisata Yogya,  Wawan Sheva Tour pada Kamis (6/2/2020) mengatakan bahwa kata klithih telah menjadi konotasi yang jelek dan cenderung negatif. Padahal klithih menurutnya adalah sebuah kata dari bahasa Jawa khas ala Yogya yang mempunyai arti aktivitas atau kegiatan seseorang atau sekelompok orang yang ke luar rumah untuk mencari makanan, cemilan, sekedar jalan-jalan, dan nongkrong di suatu tempat. Definisi ini sendiri mirip dengan yang pernah ditulis krjogja.com. Jika dialihbahasakan ke kosakata bahasa Indonesia, klithih ini disamakan dengan keluyuran.
Ketua LMC Jogja
Mas Wawan Dari Sheva Tour (kiri depan) -Ketua LMC Jogja (Langsir Mania Community) Komunitas Pengusaha Rental Mobil - Driver - Wisata Yogya dalam salah satu kegiatan bersama LMC

Tips Aman Berwisata Di Yogya

Jadi secara definisi, klithih secara bahasa awalnya adalah kegiatan yang di dalamnya tidak mengandung aksi kekerasan yang merugikan orang. Tapi belakangan, kata klithih disamakan dengan jenis kegiatan yang menjurus tindakan kriminal yang dilakukan sekelompok remaja tanggung dengan yang mencari korbannya secara acak.

Tapi karena sudah terlanjur viral di masyarakat, setuju atau tidak setuju dengan penjabaran di atas, kita perlu menyikapinya dengan lebih berhati-hati ketika sedang bepergian. Terutama ketika malam hari dan melewati jalan yang sepi.

Dalam hal ini, berkaitan dengan kegiatan wisatawan yang akan dan sedang berlibur di Yogya agar tidak perlu terlalu kuatir dengan fenomena klithih. Selalu konsultasikan rencana perjalanan dengan penyedia jasa wisata yang Anda pergunakan jasanya.

Hindari bepergian sendiri, terutama di wilayah-wilayah yang belum kita kenal. Apalagi kalau kita menggunakan kendaraan sepeda motor. Walaupun dengan menggunakan mobil juga belum tentu terhindar dari kejahatan jalanan.

Dan yang terpenting, jangan lupa berdoa ketika akan keluar bepergian.

Salam piknik....

Related Posts

Subscribe Our Newsletter
} //]]>